pentingnya punya mentor

Segitu Pentingnya Punya Mentor untuk Mahasiswa?

Posted on

Mentor Mahasiswa itu penting gak penting… ah pernyataan macam apa ini.. katanya penting… eits tunggu dulu…

Gak semua mahasiswa merasa kehadiran itu penting… tapi yang merasa mentor mahasiswa itu penting yakni mahasiswa yang memiliki tujuan yang jelas. Karena kepengen banget dibimbing supaya mencapa apa yang diinginkan..

(baca juga: Mahasiswa Berprestasi Meiliki Satu Hal Ini)

Kalau kamu memiliki tujuan kuliah untuk apa, ingin mencapai apa aja ketika di kampus, dan memiliki niat untuk meningkatkan kapasitas diri saat kuliah.. kehadiran mentor sangatlah penting…

 

Mentor Lebih Dulu Mengalami

Mentor itu ibarat dosen pembimbing. Kehadiran dospem penting banget kan saat skripsi. Bedanya kalau mentor di kehidupan itu gak ada corat coret.. hehe… lebih santai…

Namun pada prinsipnya mentor adalah yang membimbing sampai kita mencapai apa yang kita inginkan..

Maka dari itu bagi mahasiswa premium (mahasiswa yang memiliki tujuan yang jelas, mandiri, kaya keterampilan, cerdas) seperti kamu… kehadiran mentor itu begitu penting. Karena akan lebih mudah mengarahkan ketika belum berhasil. Dan ketika buntu tau mesti putar arah tujuan.

 

Sebagai Rekan Diskusi (MasterMind)

Ketika aku geram dengan dunia perkuliahan ku… aku mencoba konsultasikan kepada mentorku… saat itu aku masih inget betul kalau aku geram dengan perlakuan rekan rekan yang kurang jujur dalam menjalani ujian tengah semester dan akhir semester..

Respon ku alamiah banget… yang belajar nilainya biasa, yang kurang jujur kok malah lebih besar dari pada aku… hehehe…

Aku masih inget betul kenapa aku gak begitu mengejar nilai akademik ketika sekolah SMA. Karena aku menghindari ‘rasa sakit’ untuk mencapainya…

Aku lebih memilih ingin berprestasi di luar akademik. Padahal kalau aku saat itu jujur kepada diri sendiri. Padahal aku hanya ingin menghindari rasa sakit aja.

Aku ingat ketika mentor ku memberikan nasihat dan saat itu juga aku jadi terinspirasi dan akhirnya berdampak…

Kurang lebih seperti ini “dik, tetep aja.. walaupun kamu berprestasi di luar kelas.. tapi nilai di atas kertas itu perlu pembuktian” wah setelah aku diberikan nasihat ini.. aku jadi lebih semangat.. dan akhirnya aku sedikit lagi mencapai IPK yang aku inginkan…

(baca juga: Bagaimana Cara mendapatkan IPK tinggi)

 

Celah Relasi

Beberapa aku berteman dengan para pebisnis, blogger, yang levelnya lebih tinggi dari pada aku.. kehadiran mentor juga mampu mengangkat nama baik kita lho..

Tapi jangan berharap kita bisa sehebat dan seterkenal mentor kita. Karena tujuan nya adalah agar hubungan yang kita jalin semakin terpercaya…

Ya ibarat di facebook atau di instagram. Kalau di facebok ada mutual friend. Jadi ketauan kita berteman dengan siapa aja dan kalau di instagram mereka juga kita difollow oleh siapa aja..

Sederhana sih, tapi itu bermanfaat bangetttt…

So, kehadiran mentor itu begitu penting dalam perkuliahan kamu.. agar kamu bisa mencapai apa yang diinginkan dan lebih cepat mencapainya…

Gravatar Image

Bukan Pemula, Bukan Pula Mastah, hanya Mahasiswa Ilmu Komunikasi dan Editor Hi-jak.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *