satu hal untuk menjadi mahasiswa berprestasti

Mahasiswa Berprestasi Memiliki Satu Hal Ini. Inilah yang Membedakan dengan Mahasiswa lainnya.

Posted on

“Lebih baik mati demi sesuatu dari pada hidup tanpa tujuan.” – Rambo

Sebenernya jadi Mahasiswa Berprestasi persis apa yang rambo katakan. Pentingnya memiliki  sebuah tujuan…

Inilah yang membedakan antara mahasiswa berprestasi dengan mahasiswa pada umumnya.

Contoh terkecil, ketika kita pesan taksi kalau tanpa tujuan pun bingung. Habis materi, habis energi. Iya kan?

Persis banget di perkuliahan, kalau kamu gak punya tujuan saat masuk kuliah. Ya, kalau kata Rambo mending kamu gak usah kuliah. Hehe…

 

Menentukan Tujuan

Kebanyakan mahasiswa pada umumnya salah memilih tujuan. Ya, kamu bener banget.

Kebanyakan dari mereka tujuan adalah masuk di kampus ternama dan perguruan tinggi negeri. Padahal bukan itu.

Tujuan itu lebih ke hasil akhir apa yang akan kamu capai setelah melewati dunia perkuliahan.

Kalau kamu berpikir supaya bisa mendapatkan IPK tinggi dan ijazah yang pada akhirnya bisa bekerja di perusahaan besar. Tujuan seperti ini udah mulai berpudar.

“Apa pasal?”

Kamu bisa rasain sendiri deh… sekarang gak punya S1 aja banyak cerita yang hadir di sosial media. Sebegitu viralnya.

Walaupun mereka gak kuliah, tapi mereka mampu mencapai apa yang mereka inginkan.

Karena mereka tau apa yang mereka inginkan, lakukan dan mesti capai…

Itu hanya contoh aja ya. Mereka yang punya tujuan. Bukan berarti gak kuliah langsung bisa sukses… setiap orang memiliki jalur nasib yang berbeda beda…

Bingung?

Wajar banget … dulu aku pun demikian. Maka dari itu aku memilih untuk menunda kuliah 1 tahun ketimbang langsung kuliah.

Selain memantapkan tujuan untuk kuliah dan menyiapkan pengetahuan yang berkaitan dengan jurusan yang hendak aku pilih.

Akhirnya aku menentukan tujuan kuliah itu sebagai penunjang profesi di masa depan.

Ketika aku menjadi seorang konsultan dan dilatarbelakangi dari lulusan akademik yang relevan. Ini akan meningatkan kepercayaan publik.

Nyatanya sebelum tujuan itu selesai. Aku saat ini direkrut jadi Digital Marketing Stragist oleh JakCloth dan relevan banget dengan jurusan ku. Yakni Ilmu komunikasi.

Gimana udah kebayang?

Kamu boleh tulis tujuan mu di buku catatan khusus, jangan di keras selembar… karena nanti kamu akan mudah melupakan.

(baca juga: Cara Mendapatkan IPK Tinggi)

Kenapa Tujuan yang Membedakan Mahasiswa Berprestasi dengan yang bukan?

Sederhana ya… kalau mahasiswa yang sekedar kuliah itu bakal jalaninya males malesan… baca referensi aja mager, buat nugas aja masih mengandalkan temannya. Berbeda mahasiswa yang punya tujuan.

Ia sadar kalau tujuan itu gak bisa dicapai dengan sikap yang berleha leha, mesti memiliki kapasitas diri, serta tanggungjawab yang tinggi.

Kalau mau jujur ya. Segala yang berkaitan dengan perkuliahan. Itu bagian dari meningkatkan kapasitas diri kamu lho…

  • Mulai dari mengerjakan tugas, itu melatih daya tanggungjawab mu.
  • Hadir selalu di kelas dan tepat waktu, itu melatih kedisiplinan mu.
  • Dan untuk mencapaikan nilai ipk tinggi, itu juga melatih komitmen mu.

Gimana? Mulai kebayang? Kalau ternyata perbedaan antara mahasiswa berprestasi dengan biasa aja ada di tujuan

Terlihat dan terasa sederhana tapi memiliki dampak yang luar biasa… bener?

Dari akitivitas hariannya aja kalau mahasiswa yang memiliki tujuan pasti beda.

Ada hal positif yang mesti dilakukan setiap harinya.. entah baca buku, browsing referensi, atau sekedar mengerjakan tugas.

 

Bukan Soal Kecerdasan Melainkan Ketekukan

Apa iya mahasiswa berprestasi itu semua nya cerdas?

Gak juga.. bahkan aku adalah orang yang pertama akan membantah itu. Karena aku ini awalnya gak suka baca dan gak bisa nulis.

Jadi semua itu kembali tujuan dan komitmen ke diri sendiri…

 

Gimana? Udah siap menentukan tujuan sebelum kuliah?

Boleh tulis di komentar ini.. supaya kita bisa saling diskusi…

 

“tapi kak, aku ini udah kuliah bahkan udah setengah perjalanan dan sekarang aku merasa lelah banget, gimana dong?”

Gak masalah… meminjam dari Kata Prof. Rhenald Kasali “Tak peduli berapa jauh JALAN SALAH yang Anda jalani, Putar Arah SEKARANG juga!”

Kalau udah terlanjur gak ada tujuan, ya tinggal buat tujuan… hehe.. simple kan?

Terkadang kita sendiri yang mempersulit diri sendiri..

 

Jadi…. tujuan itu baiknya bagian dari perkuliahan kamu… dan lebih baik lagi nyambung dengan jurusan kamu.. supaya bermanfaat banget… oke? []

Gravatar Image

Bukan Pemula, Bukan Pula Mastah, hanya Mahasiswa Ilmu Komunikasi dan Editor Hi-jak.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *