10 Keahlian penting untuk Mahasiswa Berprestasi

Gak apa apa. Gak Jadi Mahasiswa Berprestasi, Asal Punya 10 Keahlian ini.

Posted on

Gak banyak sarjana mendapatkan keahlian yang saat ini mereka lakukan dari perkuliahan.

Mereka mendapatkan keahlian lebih sebagai mahasiswa dari kegiatan di luar kampus atau melakukannya secara otodidak.

Segala hal yang berkaitan dengan KEAHLIAN itu bisa banget kita pelajari. Asal kita mau tekun dan sabar dalam mengasahnya.

Gak apa apa, kalau ipk mu gak besar besar amat yang penting kamu punya keahlian yang bisa ditukar dengan nilai rupiah. Hehehe.

Minimal kamu mesti memiliki 10 keahlian ini. Agar bisa sukses di kampus dan sukses di kehidupan.

Mahasiswa berprestasi punya inisaitif yang tinggi untuk belajar. Gak nunggu dari dosen.

So, setelah kamu tau. Langsung praktekkin satu satu yak.

 

#1. Public Speaking

Keahlian yang satu ini penting banget buat kamu kuasai. Selain buat presentasi di depan kelas, juga bermanfaat saat kamu sidang skripsi.

Jangan salah loh, kalau masyarakat sekitar mu melihat kamu pandai berbicara di depan umum. Mereka langsung berasumsi kamu ini mahasiswa yang cerdas. Hehe. Padahal emang iya kan? ^_^

Gak hanya di kelas. Public speaking ini bermanfaat di luar kampus. Misal kamu bisa jadi Master of Ceremony (MC) di suatu acara. Tuh udah jadi sumber penghasilan kamu.

 

#2. Marketing and Selling

Jangan gengsi buat jualan. Wong nanti kita aja setelah lulus bakal jual diri. Hehe. Iya maksudnya jual jasa diri kita kepada perusahaan atau bermitra (jadi profesional).

Apa lagi sekarang era internet marketing. Kamu bisa dengan mudah mempelajari marketing via internet. Soalnya kamu kan generasi muda yang kreatif dan penuh inisiatif.

Selain kamu akan mendapatkan pundi pundi rupiah dari berjualan di internet. Juga bisa mempromosikan diri kepada orang lain. Kamu punya jasa apa, ya bisa kamu jual.

 

#3. Interpersonal and Intrapersonal Communication’s

Punya kecapakan komunikasi itu penting banget sobat. Baik ke diri sendiri (intrapersonal) maupun dengan orang lain(interpersonal).

Disamping kita belajar memahami orang lain juga belajar menyampaikan apa yang kita inginkan.

Tanpa kita komunikasikan kepada orang lain mereka gak akau tau siapa kita, karya kita, dan apa visi kita. Itu untuk komunikasi interpersonal.

Kalau komunikasi intrapersonal. Kamu berkomunikasi dengan diri kamu sendiri. Sejauh mana kamu mengenali diri, di situ kamu akan mudah menemukan kedamaian dan kebahagiaan.

Serta kemudahan menjalani hidup yang benar benar kamu inginkan.

(baca juga: Mahasiswa Berprestasi Memiliki Satu Hal Ini. )

#4. Writing Skills

Mahasiswa gak bisa nulis? Bukan! Bukan gak bisa nulis. Tapi belum dibiasain.

Nah kalau kamu sadar nanti bakal nulis skripsi. Latihan menulis adalah salah satu cara mempersiapkannya.

Lagi pula bukan nulis skripsi doang ko. Bisa nulis cerpen, artikel, bahkan blog.

Aku sendiri lebih suka nulis blog dan diikutsertakan lomba. Hadiahnya? Alhamdulillah laptop yang bisa update blog ini ^_^

 

#5. Language

Bahasa adalah produk dari komunikasi. Dengan kita berbahasa kita mampu menjalin komunikasi dengan siapa pun.

Selama kita mampu menguasai bahasa lawan bicara kita. Kita akan mudah untuk menjalin hubungan. So, kamu bisa pelajari dari sekarang.

 

#6. Time Management

Kalau udah di kampus biasanya waktu itu banyak banget luangnya. Maka dari itu kamu mesti maksimalkan dengan baik.

Kalau kamu punya tujuan yang jelas saat kuliah. Waktu itu bakal jadi berharga banget.

Fokuslah mengerjakan prioritas dan hal hal yang membawa ke tujuan yang kamu inginkan.

 

#7. Stress Management

Stress adalah respon yang wajar banget ya. Tapi kalau gak dikontrol dengan baik.

Semua hal hal yang mesti kamu lakukan bakal berantakan kalau gak mengelola stres dengan baik.

Maka dari itu temukan cara untuk bisa menghibur diri. Yang pasti caranya itu positif bukan destruktif (merusak).

(baca juga: bagaimana cara mendapatkan ipk tinggi?)

#8. Money Management

Diantara mahasiswa ada yang masih disubsidi oleh orangtua, ada juga yang berusaha keras untuk menghidupi diri sendiri.

Bagaimana pun caranya menghasilkan uang, yang penting halal dan legal.

Biasanya ada aja pengeluaran yang tak terduga lho. Makanya kamu mesti banget pelajari bagaimana mengelola keuangan saat kuliah.

Karena sebanyak apa pun uangmu, kalau gak dimanaje… ya bakal habis. Karena kodrat kita itu menghabiskan uang. Hehe…

 

#9. Leadership Skills

Penting banget buat mengasah keahlian kepemimpinan alias leadership.

Disamping kita akan lebih disiplin dan bisa berkerja sama dengan orang lain. Dan pastinya orang lain mau mengikuti apa yang kita katakan.

Kamu yang ikut organisasi waktu di sekolah mungkin pernah ikut latihan dasar kemimpinan. Ya minimal bisa memimpin diri sendiri dan orang lain.

Gimana mau mimpin orang lain kalau mimpin diri sendiri aja belum bisa? Masuk akal?

 

#10. Study Skills

Selanjutnya, kamu mesti menguasai keahlian belajar. Bagaimana bisa menyerap informasi lebih banyak ketika dosen menyampaikan materi dan bagaimana berpikir lebih cepat sehingga pemahaman pun meningkat.

Aku biasa menyebutnya gaya belajar. Kalau keahlian ini kita pahami. Kita akan lebih mudah menerima materi yang disampaikan dosen.

 

Setelah kamu tau dari 10 keahlian yang penting banget kamu pelajari. Kamu boleh banget languns praktekkin. Satu satu, atau langsung banyak. Yang penting keahlian mu bertambah.

Gravatar Image

Bukan Pemula, Bukan Pula Mastah, hanya Mahasiswa Ilmu Komunikasi dan Editor Hi-jak.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *