Mindfulness adalah aktivitas yang saat ini marak dilakukan oleh banyak orang. Mengingat zaman udah berubah. Maka cara untuk mengendalikan pikiran dan perasaan agar tetap damai dan nyaman pun mesti ditingkatkan keahliannya.

Secara harfiah mindfulness lebih menyadari kehadiran kita saat beraktivitas. Ya, intinya melakukan satu waktu, satu aktivitas. Penjelasan teoritisnya kamu bisa cari di google. Hehe.

 

Zaman yang penuh distraksi (gangguan) ini kita dituntut untuk tetap fokus dan mengerjakan lebih banyak. Iya atau iya?

Mahasiswa mesti ngerjain tugas sebelum deadline(lebih baik), profesional mesti menyelesaikan project sebelum deadline, dan pekerja pun demikian.

 

Derasnya arus informasi menjadikan kita bingung untuk memilih informasi apa yang mesti dibaca dan dicerna. Sampe bingung mana dulu yang mesti diprioritaskan.

Sekarang kita jujur kepada diri sendiri dulu deh. Apa tujuan kita untuk lebih banyak membaca informasi di portal berita, blog, di facebook, di path, di instagram, atau bahkan di youtube?

 

Menghilangkan kejenuhan dan menghadirkan rasa bahagia dalam diri kah? Bila “IYA” jawabannya. KlikMotivasi.com punya cara yang lebih sederhana dan jauh lebih mudah dilakukan.

Ya apa lagi, kalau bukan,  mindfulness. Dan 5 hal ini ngebantu mindfulness kamu lebih berdampak. Yuk langsung aja.

 

#1. Fokus ke Nafas

Berapa lama kita fokus ke nafas?

Seberapa sering kita lupa kalau sedang bernafas?

Cobalah alihkan perhatian mu ke nafas yang sedang kamu hirup.

Kamu abaikan pikiran yang ada(maksudnya yang gak penting). Kamu hanya fokus ke nafas aja. Mengamati ritme keluar-masuknya udara lewat hidungmu.

See, apa yang kamu rasakan?

Damai?

Tenang?

Nyaman?

Bahagia?

Itu kah yang kamu cari?

Yuk lebih sering untuk menyadari nafasnya. Agar tetap bisa merasa damai, tenang, nyaman, dan bahagia. Kalau udah bahagia. Tugas dan pekerjaan pun jadi selesai.

Setuju?

 

#2. Memusatkan Perhatian

Terkadang kita gak selalu dalam kondisi tenang dan damai.

Ada kalanya kita mesti desek desekan pas naik KRL, naik Busway, yang intinya kita sedang bergerak.

 

Mindfulness tetep bisa kamu lakukan. Yakni dengan memusatkan ke anggota tubuh kamu.

Selain kamu menyadari nafas. Kamu juga menyadari (bagian tubuh) kaki kamu menginjak bumi, tangan kamu bergerak. Pokoknya rasa setiap sensasi terjadi.

See, apa akan kamu rasakan?

baca juga: 5 Cara Praktis Mengatasi Pikiran yang lompat lompat seperti Monyet (mind monkey)

 

#3. Diskonek

Salah satu penyebab kita gak tenang dan gak nyaman.

Kita adalah pecandu dari sosial media. Ya, kadika juga sedang berupaya untuk mengurangi itu.

 

Karena yang bikin kita makin gak tenang dan gak nyaman adalah saat kita merasa lelah gak bisa diskonek dari jaringan internet. Seriusan.

Diskonek ngebantu mindfulness kita. Selain jadi lebih menyadari kehadiran diri. Lalu kembali memusatkan untuk menikmati ritme nafas dan segala sensasi yang anggota tubuh kita lakukan.

 

#4. Fokus ke Hal Penting

Saat fokus ke nafas yang memungkinkan udah masuk ke kondisi fokus.

Kerjakanlah prioritas utama dan pekerjaan berat yang memerlukan energi cukup besar. Dan rasakan setiap momen saat mengerjakan tersebut.

baca juga: 7 Alasan Kenapa Mesti Buat Plan Sebelum BERAKTIVITAS!

 

#5. Fokus ke Satu Deadline Sampai Selesai

Kita stres karena merasa terlalu banyak list yang mesti dikerjakan. Belum juga melakukan, udah stres. Makanya makin stres saat pekerjaan ada yang belom selesai.

Ini nasihat dari para praktisi mindfulness. Kerjakanlah satu list dalam satu hari. Kalau emang selesai dalam waktu cepat. Barulah kerjakan yang lain.

baca juga:

 

Kesimpulannya. Bukan berarti kita gak boleh main wa, path, instagram, dsb. Hanya aja perlahan dikurangi. Agar kita bisa menikmati setiap momen. Dan bisa meraih rasa tenang, nyaman, damai, dan bahagia.

Dan mampu mengerjakan lebih banyak tugas, deadline serta menikmati hidup yang lebih tenang, damai, nyaman, dan bahagia.

Mudah mudahan 5 (lima) hal ini yang perlu dicoba saat mindfulness bermanfaat dan mudah ringan mempraktekkannya.[]