10 Nilai Diri yang Patut Kamu Anut untuk Meraih Kesuksesan

10 Nilai Diri yang Patut Kamu Anut untuk Meraih Kesuksesan

Posted on

Ada perbedaan yang kontras antara orang sukses dengan orang yang gak sukses.. tapi sebenernya bukan gak sukses.. melainkan tak tau nilai diri (value) apa aja yang mesti dianut.. juga menyerah di tengah jalan.. bisa jadi sebentar lagi akan mencapai kesuksesan namun menyerah, tak dilanjutkan…

Sukses pun relatif.. misal.. anak SMA yang lulus dengan NILAI terbaik atau masuk 10 siswa terbaik saat kelulusan.. itu juga bisa jadi sukses… karena sejatinya sukses mendapatkan atau meraih apa yang kita inginkan…

Maka dari itu untuk meraih kesuksesan yang lebih besar… dibutuhkan pembiasaan yakni meraih sukses dari hal yang terkecil..

Yuk ah… kadika merangkum dari beberapa literatur… juga apa yang kadika terapkan… mudah mudahan bermanfaat.

 

#1. Visioner

Orang yang visioner itu melihat apa yang gak orang lain lihat tentang masa depan… ya bisa dibilang orang ini prediktif.. dan siapa pun bisa visioner..

Karena dengan melihat selangkah lebih depan dari orang pada umumnya.. maka akan terlihat tindakan tindahkan nyata yang visioner tuh!

Kalau kamu udah berpikir gimana cara menghidupi anak dan istri padahal kamu masih kuliah… itu juga visioner… udah membayangkan apa yang akan terjadi di masa depan…

Terus… setelah lulus kuliah… bervisi.. gimana nanti kalau udah punya 10 karyawan yang sejahtera.. begini pola pikir visioner banget…

Apa apa yang belum terlihat di masa sekarang.. kita udah merasakan hadirnya visi kita di hari ini… maka dari itu setelah kita bervisi.. baiknya ya bertindak.. agar apa yang rencakan dan visualisasikan bisa terwujud…

 

#2. Pantang Menyerah

Dalam bertindak ada aja yang namanya gak berhasil dan itu wajar banget… karena apa yang kita lakukan gak akan langsung sempurna dan membuahkan hasil..

Penting banget buat mengembangakan sikap PANTANG MENYERAH ini… karena bisa jadi tinggal satu langkah lagi… bisa meraih sukses.. eh malah nyerah..

Kadika masih inget banget salah satu pebisnis di indonesia mengatakan begini “kalau udah menentukan visi/goal yang diperjuangkan… sampe kapan? Ya sampe berhasil atau gak sampe bangkrut”…

Ada benernya juga.. karena bisa jadi kita terlalu cepat menyerah kepada keadaan… cuman 2 indikasi untuk terus berjuang… BERHASIL atau BANGKRUT.. kalau udah bangkrut.. berarti emang mesti diganti atau dibuah…

 

#3. Gak Mengeluh

Jack Ma selalu mengatakan “Don’t Complain” karena mengeluh itu emang gak ada faedahnya… Selain bisa membuat energi kita habis untuk membicarakan hal hal yang gak penting… juga kita kehilangan semangat untuk bertindak..

Kalau gak berhasil.. yaudah gak usah nyalahin orang lain… karena bisa jadi gak berhasil itu juga hasill… sejauh mana kita menguasai apa yang kita kerjakan… dan apa aja ilmu yang mesti kita pelajari..

 

#4. Optimis

Lagi lagi Jack Ma mengutarakan pentingnya bersikap optimis terhadap apa yang kita IMPIKAN… sebab dengan kita merasa optimis.. peluang bisa aja hadir dari arah yang tak disangka sangka.. selama bertindak di jalan yang benar.. dan merasa optimis .. ya insyaaAllah… akan ada hasilnya..

 

#5. Berpikir SOLUSI

Pikiran kita ini udah dipenuhi pikiran negatif… faktanya menurut Mark Victor kita berpikir 45.000 untuk negatif.. 15.000 untuk positif.. jadi kalau kita gak mengarahkan pikiran untuk berpikir SOLUSI… bisa aja akan terjebak dalam keluh kesah yang gak jelas… menyalahkan orang lain.. ah masih banyak lagi..

 

#6. Berprasangka Baik

Persoalan orang bersikap buruk atau gak terhadap kita.. itu bukan urusan kita… namun prasangka kita ini bisa dikendalikan… kan kita bertindak dari apa yang kita persespsikan… ya dari pada berprasangka buruk.. mending berprasangka baik aja…

 

#7. Jujur

Siapa yang tak suka jujur? Kalau kata anak muda zaman now lebih baik jujur meskipun itu pahit… artinya itu lebih baik dari pada dibohongi terus ujung ujungnya pahit juga hehe…

Lihat orang berpengaruh no. 1 di dunia.. yakni Nabi Muhammad SAW… orang yang paling jujur… bahkan diberi gelar Al Amin (terpercaya)…

Akan mudah sekali mendapatkan pekerjaan dan rekan bisnis kalau kita ini jujur.. mengatakan apa adanya…

 

#8. Berpikiran Terbuka

Dengan menerima informasi baru … kita mestinya berpikir terbuka karena bisa jadi itu bisa membuat kita lebih baik ketimbang hanya menggunakan yang itu itu aja…

 

#9. Bekerja keras

Para ilmuwan, creator, inovator, dan orang berpengaruh lainnya adalah penggiat pekerja keras.. mustahil rasanya kalau mereka leha leha dalam mengerjakan apa yang mereka rencanakan…

Bekerja cerdas emang kita perlukan.. tapi jangan sampai itu mengganti kerja keras.. walau bagaimana pun kerja keras itu penting banget..

 

#10. Berkolaborasi

Selama berkolaborasi itu menguntungkan kedua belah pihak… kenapa gak? Karena selain pekerjaan kita jauh lebih cepat selesai.. juga hasil yang diciptakan pun jauh lebih berkualitas…

 

Itulah 10 Nilai Diri yang mesti kamu anu untuk meraih kesuksesan… mudah mudahan bermanfaat yak…[]

 

Gravatar Image

Keep learning and keep practice…
Mahasiswa Komunikasi yang belajar jadi professional blogger…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *