10 Hal ini mesti kamu KETAHUI sebagai Calon Mahasiswa

10 Hal ini mesti kamu KETAHUI sebagai Calon Mahasiswa

Posted on

Calon Mahasiswa sebentar lagi jadi Mahasiswa. Dan yang saat ini mahasiswa masa liburannya sebentar lagi berakhir.

Dan semester 2, 4, 6, dan akan memasuki semester baru. 3, 5, 7. Cie udah bertambah.. gimana gak kerasa ya? Hehe…

Bulan september hampir seluruh kampus di indonesia masuk dan kuliah aktif. Itu artinya calon mahasiswa akan resmi jadi mahasiswa..

biasanya sih diawali masa ospek.. tenang gak perlu takut… karena sekarang bukan seperti dulu kok.

Karena kamu adalah calon mahasiswa. Penting banget untuk mengetahui hal ini. Supaya nanti ketika di perkuliahan bisa mengantisipasi.

 

#1. Bedakan Antara TUJUAN dengan CARA

Adalah kerilu kalau kamu menempatkan masuk PTN adalah tujuan.

Inget. Kuliah itu proses lho.. ya, proses untuk meraih gelar sarjana… jadi masuk PTN itu hanyalah CARA.

Jangan kerilu lagi.. jadi gak perlu sedih ketika gak diterima PTN.

Bukan karena PTN kamu jadi berharga, tapi justru kehadiran mu di kampus jadi BERHARGA. Sejutu ya?

 

#2. Kampus PTN bukan Jaminan kamu sukses

Dimana pun kuliahnya selama ada tujuan dan mau berproses. Yakini itu bisa membawa perubahan.

Banyak calon mahasiswa beranggapan kalau masuk PTN itu terpandang, memiliki peluang suskses yang besar.

Itu benar kalau kamu berproses meningkatkan kapasitas diri, menjalin hubungan dengan dosen, memiliki prestasi, dan hal yang berkaitan dengan tujuanmu…

Dan sikap barusan itu berlaku untuk siapa aja dan kuliah dimana aja. Artinya selama kita meliki sikap baik alias GOOD ATTITUDE. Kita bisa sukses.

Mau PTN atau PTS yang penting punya TUJUAN kuliah dan mau berproses.

 

#3. Dunia kampus lebih independen

Mungkin kamu terbiasa berkelompok sesama SMA. Tapi jangan kaget kalau di kampus itu akan lebih independen alias mandiri.

Kamu gak selalu bisa mengandalkan bantuan teman. Karena ketika kuliah mereka pun memiliki kesibukan masing masing.

Jadi belajar jadi mandiri alias independen.

(baca juga: Gak Apapa. Gak Jadi Mahasiswa Berprestasi. Asal Punya 10 Keahlian Ini)

 

#4. Bukan lagi anak SMA!

Maksudnya?

Ya iyalah bukan lagi anak SMA. Bukan sekedar status sosial yang terganti. Tapi (semestinya) berpikir, bersikap, dan bertutur bicara pun mesti berubah..

apa itu harus? Gak harus sih. Tapi apa iya hidupmu gak mau mengalami perubahan yang signifikan?

Mari renungi. Jangan lakukan hal konyol (lagi) semasa SMA di dunia perkuliahan.

 

#5. Waktu luangmu banyak banget

Yes.. mahasiswa itu waktu luangnya banyak banget. Tapi kalau gak pandai menggunakannya. Kamu sendiri yang akan tercecer mengerjakan tugas atau hal lainnya.

Makanya aku memutuskan untuk menjadi Fulltime Blogger dan Parttime Mahasiswa. Wong lebih banyak ngulik di blog dibandingkan di kelas. Hehehe..

So, manfaatkan waktu luangmu untuk hal hal yang akan mengantarkan mu ke tujuan.

 

#6. Belajar Ketidakpastian

Apa lagi ini?

Ya, kamu akan belajar menghadapi ketidakpastian.

Karena gak semua dosen hadir ketika hari itu ada jam mata kuliah nya.

Makanya jangan baper ketika sampe kampus terus dapet kabar kalau dosennya gak masuk.

Kamu mesti lebih berpikir fleksibel. Lagi lagi waktu luang makin banyak. Jadi manfaatkan dengan baik.

(baca juga: 8 Tips Memilih Profesi yang Tepat untuk jiwa muda sepertimu)

 

#7. Belajar Menjadi lebih Dewasa

Hmm.. terkadang apa yang kita lakukan gak selalu mendapatkan komentar baik. Serius.

Mungkin kalau di SMA temen temen masih sungkan buat ngomong begitu.

Tapi kalau udah jadi mahasiswa kita mesti bersikap lebih dewasa dalam menghadapi segala persoalaan yang terjadi.

Apa pun itu. Mulai dari nilai yang kurang proposional, teman yang kurang mendukung kegiatan positif kamu.

So, jangan terlalu diambil pusing saat mereka kurang sependapat dengan mu.

 

#8. Pastikan Jurusan yang kamu pilih itu keputusanmu

Lagi lagi banyak di antara calon mahasiswa memilih jurusan yang dipengaruhi oleh faktor eksternal.

Sebelum itu kamu mesti bener bener mantapkan kalau jurusan yang kamu pilih adalah jurusan yang kamu sukai dan cintai.

(Baca juga: Mahasiswa Berprestasi Memiliki Satu Hal Ini. Inilah yang membedakan dengan mahasiswa lainnya)

 

#9. Akan Lebih Banyak Membaca

Kalau kamu tergolong mahasiswa yang menginingkan perubahan dalam hidupmu serta nilaimu.

Pastinya kamu akan lebih banyak membaca. Mulai dari buku referensi, browsing di internet sampai jurnal yang ada di perpus.

Maka dari itu biasakan untuk baca buku saat ini juga.

 

#10. Tapi banyak mainnya

Kabar baiknya kalau kamu udah mengerjakan semua prioritas. Kamu bisa main sepuasnya.

Ya. Sebagai bukti kamu itu mampu mengerjakan apa yang kamu harus kerjakan. Ya itung itung self reward. Ya penting itu gak destruktif (merusak) ya..

 

Mudah mudahan 10 Hal ini Mesti Kamu ketahui sebagai calong mahasiswa ini.. bermanfaat dan kamu bisa mempraktikkan apa yang semestinya praktekkan…

Boleh banget komen di bawah ini ^_^.[]

Gravatar Image

Bukan Pemula, Bukan Pula Mastah, hanya Mahasiswa Ilmu Komunikasi dan Editor Hi-jak.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *